PPG DALJAB KATEGORI 2

TAHUN 2022


Dina Awansari

 


NIM : 1601022290


PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKSI 1

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

TK Darmayusiwi 4 Magelang

Lingkup Pendidikan

Taman Kanak-Kanak

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal pola sederhana abc-abc

Penulis

Dina Awansari

Tanggal

17 Oktober 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang dari praktik pembelajaran ini adalah

1.       Anak kesulitan/kebingungan mengurutkan pola abc- abc

2.       Dalam pembelajaran mengurutkan pola abc-abc guru hanya menjelaskan secara lisan dan memberikan tugas menggunakan LK

3.       Anak kurang tertarik ketika pembelajaran mengurutkan pola abc-abc

 

Kesimpulan dari beberapa point diatas dapat dilihat bahwa dalam pembelajaran guru belum menggunakan metode dan media yang tepat untuk mengenalkan pola sederhana pada anak didik.

 

Praktik pembelajaran ini menurut saya penting dibagikan untuk memotivasi diri saya sendiri dalam melakukan perbaikan pembelajaran pada anak didik yang mengalami kesulitan dalam memahami pola sederhana dan membantu rekan guru sebagai referensi atau inspirasi bagi rekan guru yang lain dengan permasalahan yang sama yang seperti saya alami.

 

Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini :

Peran saya adalah sebagai guru yang mana pada kegiatan pembelajaran ini sebagai fasilitator sehingga bertanggung jawab memberikan pembelajaran yang kreatif dan inovatif yang harus melakukan proses pembelajaran dengan efektif dengan menggunakan strategi, metode dan media pembelajaran yang menarik, inovatif sehingga hasil dan tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai harapan.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Tantangan untuk mencapai tujuan antara lain :

 

1.      Anak kurang terlibat langsung dalam pembelajaran mengenal pola sederhana abc abc

2.      Kurangnya motivasi sehingga anak kurang percaya diri dalam memahami pola


 

3.      Metode dan media yang kurang tepat dalam mengenalkan pola pada anak

4.      Guru kurang menguasai materi

 

Siap saja yang terlibat :

1.       Kepala sekolah

2.       Guru

3.       Anak didik

4.       Wali murid

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang di lakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi adalah dalam pembelajaran mengenalkan pola sederhana abc abc pada anak guru menggunakan model pembelajaran PjBL (Project based learning). Disini guru menerapkan pembelajaran dengan metode cooking class membuat sandwich.

 

Strategi yang guru gunakan dalam kegiatan cooking class yaitu dengan menciptakan lingkungan belajar yang aman dan menyenangkan. Dalam kegiatan cooking class ini guru menyesuaikannya dengan materi yang sudah dipersiapkan. Pada apersepsi guru mengintegrasikan TPACK sebagai pendukung penyampaian tema.

 

Proses yang dilakukan yaitu guru terlebih dulu merumuskan tujuan pembelajaran materi, media dan metode pembelajaran. Kemudian menyiapkan material, alat dan bahan yang akan digunakan dalam pembelajaran mengenal pola abc abc. Guru juga melakukan setting kelas dengan menyiapkan tempat untuk melakukan kegiatan, alat-alat yang digunakan dan bahan untuk membuat sandwich.

 

Pada pelaksanaannya guru menjelaskan tema dan kegiatan main yang akan dilakukan, guru menunjukkan alat dan bahan yang digunakan dalam kegiatan tersebut. Guru mendemonstrasikan kegiatan yang akan dilakukan. Setelah guru selesai mendemonstrasikan, guru membagi anak kedalam 2 kelompok. Dalam kegiatan ini anak bekerja secara kelompok. Dalam 1 kelompok terdiri 3 anak dalam kegiatan tersebut anak dapat mengerjakan beberapa aktivitas seperti memotong roti, ketimun, nugget dan sayuran. Setelah mereka memotong mereka menyusun pola membuat sandwich kemudian menyusunnya di piring.

 

Pembelajaran ini melibatkan kepala sekolah yang memberikan motivasi juga bersedia membantu dalam proses kegiatan dan guru sebagai fasilitator dan anak sebagai peserta didik.


 

Sumber daya yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran ini antara lain laptop, alat dan bahan seperti piring kertas, piring sterofoam, pisau plastic, roti, nugget, sayur, tomat.

Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?

Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan : Hasil yang diperoleh dari aksi ini cukup efektif, melalui metode cooking class ini anak menunjukkan antusiasnya dan bersemangat mengikuti kegiatan. Pada kegiatan ini anak dapat terlibat secara langsung pada proses pembelajaran.

Kegiatan mengenal pola melalui kegiatan cooking class ini cukup menunjukkan peningkatan pada pengenalan pola pada anak-anak. Ada beberapa anak yang memang belum paham dan Menyusun pola sesuai ide mereka sendiri.

 

Kegiatan ini direspon baik oleh kepala sekolah dan memotivasi guru untuk dapat mengembangkan pembelajaran dengan media yang bervariatif lagi. Dan dalam pembelajaran ini anak merasa senang karena dalam kegiatan cooking class anak dapat terlibat langsung mengenal pola dengan menyusun sandwich.

 

Secara keseluruhan kegiatan ini sudah menunjukkan hasil yang baik, diharapkan untuk kedepannya guru dapat lebih keratif dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan membuat anak termotivasi dalam belajar.

Dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan kemampuan anak mengenal pola abc abc membutuhkan strategi, media dan metode yang menarik dan menyenangkan.


PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKSI 2

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

TK Darmayusiwi 4 Magelang

Lingkup Pendidikan

Taman Kanak-Kanak

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan anak dalam memahami pola sederhana abc-abc

Penulis

Dina Awansari

Tanggal

31 Oktober 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang dari praktik pembelajaran ini adalah

1.      Anak kesulitan/kebingungan mengurutkan pola abc-abc

2.      Dalam pembelajaran mengurutkan pola abc-abc guru hanya menjelaskan dan memberikan tugas menggunakan LK

3.      Anak kurang tertarik ketika pembelajaran mengurutkan pola abc-abc

 

Kesimpulan dari beberapa point diatas dapat dilihat bahwa dalam pembelajaran guru belum menggunakan metode dan media yang tepat untuk mengenalkan pola sederhana pada anak didik.

 

Praktik pembelajaran ini menurut saya penting dibagikan untuk memotivasi diri saya sendiri dalam melakukan perbaikan pembelajaran pada anak didik yang mengalami kesulitan dalam memahami pola sederhana dan membantu rekan guru sebagai referensi atau inspirasi bagi rekan guru yang lain dengan permasalahan yang sama yang seperti saya alami.

 

Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini :

Peran saya adalah sebagai guru yang mana pada kegiatan pembelajaran ini sebagai fasilitator sehingga bertanggung jawab memberikan pembelajaran yang kreatif dan inovatif yang harus melakukan proses pembelajaran dengan efektif dengan menggunakan strategi, metode dan media pembelajaran yang menarik, inovatif sehingga hasil dan tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai harapan.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Tantangan untuk mencapai tujuan antara lain :

 

1.       Anak kurang terlibat langsung dalam pembelajaran mengenal pola sederhana abc abc

2.       Kurangnya motivasi sehingga anak kurang percaya diri dalam memahami pola


 

3.       Metode dan media yang kurang tepat dalam mengenalkan pola pada anak

4.       Guru kurang menguasai materi

 

Dilihat dari tantangan tersebut disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan :

1.      Kepala sekolah

2.      Guru

3.      Anak didik

4.      Wali murid

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang di lakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi adalah dalam pembelajaran mengenalkan pola sederhana abc abc pada anak guru menggunakan model pembelajaran PJBL. Disini guru menerapkan pembelajaran menggunakan bahan alam yaitu batu dan cat air.

 

Strategi yang guru gunakan dalam menggunakan media berbahan alam yaitu dengan m,enciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan. Disini guru juga mengintegrasikan TPACK ke dalam kegiatan awal (apersepsi) menyesuaikan tema yang dan materi.

 

Proses yang dilakukan yaitu guru terlebih dulu merumuskan tujuan pembelajaran materi, media dan metode pembelajaran. Kemudian menyiapkan material, alat dan bahan yang akan digunakan dalam pembelajaran mengenal pola abc abc. Guru juga melakukan setting kelas seshingga dalam proses pembelajaran anak merasa nyaman. Pada pelaksanaannya guru menjelaskan tema dan kegiatan main yang akan dilakukan, guru menunjukkan alat dan bahan yang digunakan dalam kegiatan tersebut. Guru mendemonstrasikan kegiatan yang akan dilakukan. Setelah guru selesai mendedemonstrasikan, guru membagi anak kedalam 2 kelompok. Dalam kegiatan ini anak bekerja secara kelompok membuat ornament di atas batu menggunakan cata air yang telah disediakan. Setelah batu di cat anak Menyusun batu-batu membetuk ular sesuai pola yang di minta oleh guru dan meletakkan nya di diorama hutan yang sudah anak buat dalam kelompok.

 

Pembelajaran ini melibatkan kepala sekolah yang memberikan motivasi juga bersedia membantu dalam proses kegiatan dan guru sebagai fasilitator dan anak sebagai peserta didik.

 

Sumber daya yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran ini antara lain laptop, alat dan bahan seperti batu, cat air,


 

kuas, palet, air, kardus bekas dan benda-benda pendukung kegiatan main

Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?

Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan : Hasil yang diperoleh dari aksi ini sangat efektif, melalui media bahan alam ini anak menjadi termotivasi dan bersemangat dalam pembelajaran. Anak dapat terlibat secara langsung pada proses pembelajaran. Bahkan dari kegiatan tersebut anak dapat mengkoreksi kesalahan dalam penyusunan pola tersebut.

Kegiatan ini direspon sangat baik oleh kepala sekolah dan memotivasi guru untuk dapat mengembangkan pembelajaran dengan media yang bervcariatif lagi.

 

Secara keseluruhan kegiatan ini sudah menunjukkan hasil yang baik, diharapkan untuk kedepannya guru dapat lebih keratif dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan membuat anak termotivasi dalam belajar.


 

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKSI 3

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

TK Darmayusiwi 4 Magelang

Lingkup Pendidikan

Taman Kanak-Kanak

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan membaca simbol huruf a i u e o

Penulis

Dina Awansari

Tanggal

14 November 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang dari praktik pembelajaran ini adalah

1.       Media pembelajaran yang digunakan dalam mengenalkan huruf kurang menarik dan kurang bervariatif

2.       Kurangnya minat anak dalam mengenal huruf a i u e o

3.       Anak merasa bosan dalam pembelajaran mengenal huruf a i u e o

 

Kesimpulan dari beberapa point diatas dapat dilihat bahwa pembelajaran media dan model pembelajaran kurang bervariatif. Guru belum menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan bagi anak, sehingga dalam pembelajaran mengenal dan membaca simbol huruf anak menjadi kurang berminat dan merasa bosan.

 

Praktik pembelajaran ini menurut saya penting dibagikan untuk memotivasi diri saya sendiri dalam melakukan perbaikan pembelajaran pada anak didik yang mengalami kesulitan dalam memahami pola sederhana dan membantu rekan guru sebagai referensi atau inspirasi bagi rekan guru yang lain dengan permasalahan yang sama yang seperti saya alami.

 

Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini :

Peran saya adalah sebagai guru yang bertanggungjawab, kreatif dan inovatif harus dapat melakukan proses pembelajaran dengan efektif dengan menggunakan strategi, metode dan media pembelajaran yang menarik, inovatif sehingga hasil dan tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai harapan.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Tantangan :

 

1.       Kurangnya media pembelajaran yang bervariatif dalam mengenalkan symbol huruf a i u e o

2.       Motivasi belajar yang rendah pada anak


 

3.       Penggunaan metode yang kurang tepat dalam mengenalkan symbol huruf kepada anak

4.       Guru belum mampu menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan bagi anak

 

Dilihat dari tantangan tersebut bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan :

1.      Kepala sekolah

2.      Guru

3.      Anak didik

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang harus di lakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain:

1.       Menggunakan model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran ini guru menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL).

2.       Penggunaan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak dan mengarah pada perkembangan kemampuan anak dalam mengenal symbol huruf a i u e

o. Menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan memungkinkan anak untuk dapat berinteraksi dalam kegiatan pembelajaran.

3.       Proses dalam menghadapi tantangan ini, guru terlebih dulu membuat bahan ajar dengan merancang ragam kegiatan main dan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai (Meningkatkan kemampuan anak membaca symbol huruf a i u e o) kemudian menyiapkan material yang dibutuhkan (alat dan bahan) juga setting lingkungan main. Pada pembelajaran ini guru menggunakan media video interaktif. Dimana guru membuat video pembelajaran menggunakan PPT, melalui video tersebut anak mencari/menebak gambar yang sesuai dengan symbol huruf kemudian anak juga memadukan huruf yang ada dalam video tersebut dengan kartu huruf yang guru persiapkan.

4.       Pembelajaran ini melibatkan kepala sekolah yang memberikan motivasi juga bersedia membantu dalam proses kegiatan dan guru sebagai fasilitator dan anak sebagai peserta didik.

5.       Sumber daya yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran ini antara lain laptop, alat dan bahan bermain yang sesuai dengan materi.

Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya

efektif? Atau tidak efektif?

Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan :

a. Hasil yang diperoleh dari aksi ini sangat efektif, melalui video interaktif ini membuat anak lebih termotivasi,

bersemangat. Anak merasa pada kegiatan pembelajaran mengenal huruf terasa tidak membosankan sehingga


Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

mereka lebih berantusias dan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dan kepala sekolahpun juga merespon baik pada kegiatan pembelajaran menggunakan media video interaktif ini.

 

Dari keseluruhan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran pada anak usia dini, guru sebaiknya menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan bagi anak. Dan pemilihan media dan metode dalam pembelajaran adalah penting di perhatikan sehingga tujuan belajar dapat

tercapai sesuai harapan.


 

 

 

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKSI 4

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

TK Darmayusiwi 4 Magelang

Lingkup Pendidikan

Taman Kanak-Kanak

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kreatifitas guru dalam menyediakan media

pembelajaran yang berbasis hasil karya dan proyek menggunakan mediia loose part

Penulis

Dina Awansari

Tanggal

29 November 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang dari praktik pembelajaran ini adalah

1.      Dalam mengajar guru masih menggunakan model pembelajaran klasikal dan konvensional

2.       Seringnya guru memberikan LK sehingga anak-anak cenderung bosan dalam pembelajaran

3.       Dalam pemblejarannya guru kurang kreatif

 

Kesimpulan dari beberapa point diatas dapat dilihat bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru. Guru belum mengajak anak didik untuk dapat berperan aktif dan berinteraksi dalam pembelajaran, sehingga perkembangan pada anak didik kurang berkembang maksimal.

 

Praktik pembelajaran ini menurut saya penting dibagikan untuk memotivasi diri saya sendiri dalam melakukan perbaikan pembelajaran pada anak didik yang mengalami kesulitan dalam memahami pola sederhana dan membantu rekan guru sebagai referensi atau inspirasi bagi rekan guru yang lain dengan permasalahan yang sama yang seperti saya alami.

 

Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini :

Peran saya adalah sebagai guru yang bertanggungjawab, kreatif dan inovatif harus dapat melakukan proses pembelajaran dengan efektif dengan menggunakan strategi, metode dan media pembelajaran yang menarik, inovatif sehingga hasil dan tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai harapan.

Tantangan :

Tantangan :

Dari analisis hasil kajian wawancara dan literatur penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu


Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

meningkatkan kreatifitas guru dalam menyediakan media pembelajaran yang berbasis hasil karya dan proyek pada anak usia dini antara lain :

 

1.       Guru masih menganut model pembelajaran konvensional

2.       Kurangnya kompetensi guru

3.       Guru belum mampu merancang / mendesain model dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak

4.       Guru yang kurang update

 

Dilihat dari tantangan tersebut disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan :

1.      Kepala sekolah sebagai pendukung dalam kegiatan pelaksanaan aksi ini

2.      Guru dalam kompetensi pedagogic dan penggunaan metode dan media yang kurang kreatif dan inovatif

3.      Anak didik dalam hal minat dan motivasi belajar

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang harus di lakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain:

1.       Pemilihan Media Pembelajaran

a.       Guru memilih media pembelajaran yang dirasa tepat dengan materi bahan ajar yang dipersiapkan dan disesuai dengan karakteristik anak. Disini guru memilih media pembelajaran dengan menggunakan bahan-bahan loose part.

b.       Proses penyediaan media ini dimulai dari mempelajari materi yang akan dipersiapkan medianya, kemudian guru mengatur / merancang tempat-tempat main. Guru mempersiapkan media- media yang sesuai dengan invitasi-invitasi pada pembelajaran menggunakan bahan-bahan loose part.

 

2.       Pemilihan Model Pembelajaran

a.       Guru memilih model pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan anak. Guru mempelajari terlebih dulu metode-metode yang digunakan dalam pembelajaran menggunakan media loose part dengan mempersiapkan invitasi-invitasi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

b.       Dalam pembelajaran ini guru telah menyiapkan beberapa kegiatan main menggunakan media loose part

c.       Kompetensi guru dalam hal pemilihan model pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik anak didik. Guru memilih model pembelajaran PBL

(Problem based Learning)


 

 

Strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi anak didik adalah dengan merancang pembelajaran yang berpusat pada anak didik

a.       Guru mempersiapkan materi bahan ajar yang disesuaikan dengan tema yang berjalan dilembaga.

b.       Guru mempersiapkan kegiatan main yang sesuai dengan tema yang diambil (RPP yang dipersiapkan) yang memungkinkan anak dapat berinteraksi dan berperan aktif dalam pembelajaran.

c.       Guru memberikan motivasi kepada anak didik untuk aktif dalam pembelajaran.

d.       Kompetensi guru dalam merumuskan materi bahan ajar dan juga kreatifitas merancang ragam main yang memungkinkan anak didik dapat lebih aktif dalam pembelajaran.

Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?

Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dan dapat dilihat dari

1.       Pada pembelajarannya, metode yang guru gunakan membuat guru menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam menyiapkan ragam main dan alat bahan yang bermacam-macam.

2.       Penggunaan media loose part ini mendukung pola pikir anak yang berbeda dan unik dan memungkinkan anak untuk dapat menunjukkan kreativitasnya

3.       Pemilihan model pembelajaran dengan media loose part ini efektif untuk meningkatkan keaktifan anak didik terlihat dari anak-anak berantusias membuat kreasi sesuai invitasi-initasi yang dibuat guru.

4.       Pemilihan model pembelajaran PBL menumbuhkan berfikir kritis anak didik terlihat dari tanggapan dan jawaban yang di lontarkan guru saat pembelajaran

5.       Desain kegiatan yang berpusat pada anak sangat meningkatkan keaktifan anak didik saat proses pembelajaran sehingga anak didik termotivasi untuk melakukan kegiatan main sesuai dengan minat anak.

 

Respon anak didik terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah senang dan berantusias dalam mengikuti pembelajaran, bisa di lihat saat kegiatan refleksi akhir pembelajaran anak didik memberikan refleksi bahwa pembelajaran sangat menyenangkan.

Respon dari kepala sekolah terhadap kegiatan pembelajaran ini, mendukung kegiatan pembelajaran ini

 

Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan

yang sudah guru dilakukan adalah guru dapat lebih kretaif dan inovatif dalam memilih metode, model dan media


 

pembelajaran untuk membuat proses belajar mengajar sesuai dengan yang diharapkan.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKAWINAN DI KANA